Terapi Buah Kersen Untuk Sembuhkan Asam Urat

Posted by Modz  |  at  6:46 PM

Terapi Buah Kersen Untuk Sembuhkan Asam Urat. Apakah anda sudah pada tahu dengan buah kersen? Buah kersen ini mempunyai keunikan dari warnanya yang merah muda merona berukuran kecil menyerupai buah berry liar.

Rasa dari buah kersen ini manis asam dengan aroma wanginya yang khas. Tahukah anda bahwa buah kersen ini digadang-gadang mempunyai khasiat menyembuhkan asam urat.

Di wilayah jawa kebanyakan orang mengenal buah kersen dengan buah talok. Biasanya tanaman ini sangat diburu anak-anak untuk dijadikan cemilan disaat bermain.

Rasa yang manis dengan tantangan memetik yang tidak mudah membuat buah kersen menjadi buah kegemaran anak kecil.

Buah kersen memang tidak mudah untuk dipetik. Dengan pohon yang tinggi bisa mencapai 8 meter untuk usia yang tua, tanaman ini cukup tinggi dan membuat anak-anak tertarik memetiknya sembari memanjat. Apalagi tanaman ini timbuh jadi sangat nyaman untuk berteduh dengan daunnya yang kecil sehingga jarang diserang ulat dan semut.

Dibalik kerimbunan dahan-dahannya muncul buah-buah kecil bundar dengan diameter hanya 1 cm. Biasanya yang masih muda berwarna hijau dan yang sudah matang akan berwarna merah dari merah sudah sampai merah cerah.

Bagaimana sebetulnya buah yang manis kecil ini bisa dianggap mampu mengatasi bahkan menyembuhkan asam urat? Peneliti menemukan beberapa fakta mengenai buah kersen yang rupanya sesuai dengan kebutuhan penyembuhan asam urat.

Kebanyakan orang berkeyakinan rasa nyeri sendi yang diakibatkan asam urat bisa hilang dengan terapi 9 buah kersen 3 kali sehari selama setidaknya 5 hari.

Apa Rahasia dari Buah Kersen?

Dalam buah kersen diketahui mengandung banyak vitamin dengan kadar yang cukup tinggi. Setidaknya diketahui adanya vitamin C,A,E dan K dalam satu buah kersen.

Buah kersen bukan hanya cantik dilihat tapi kaya akan khasiat. Salah satunya sebagai buah untuk asam urat. Meskipun sampai saat ini belum ada pembuktian secara ilmiah dan mendalam, namun buah kersen ini dipercaya mampu menyingkirkan rasa nyeri akibat serangan persendian pada asam urat.

Berdasarkan pendapat dari pakar kesehatan dan nutrisi, buah kersen mengandung banyak vitamin C, A, E, dan K. Selain kandungan tersebut buah kersen mempunyai antioksidan. Sifat unik di dalamnya mampu membantu meredakan nyeri sekaligus sebagai anti radang dan anti inflamasi. Dalam buah kersen ditemukan adanya kandungan tannin dan saponin yang tinggi, sejenis antioksidan yang baik untuk mengatasi keluhan peradangan.

Dalam buah kersen juga ditemukan kandungan tinggi riboflavin dan sianin bentuk turunan dari vitamin B yang snagat baik untuk membantu tubuh meredakan rasa pegal dan linu. Mereka yang kerap bekerja dengan sangat keras dan menyebabkan rasa linu tajam pada persendian mempunyai kerentanan tinggi terhadap asam urat.

Bukan hanya itu saja, kersen mempunyai kandungan anthosianin yang sangat berkhasiat menyerap racun dalam tubuh. Sifat inilah yang dipercaya mampu membantu tubuh lebih efektif membuang residu purin dari tubuh. Dan sifat diuretiknya juga dapat membantu meluruhkan racun ini melalui urin, meski sifat diuretiknya tidak terlalu kuat.

Juga terdapat kandungan betakeroten yang penting untuk proses regenerasi sel dan baik untuk membantu menyembuhkan jaringan persendian yang mengalami peradangan untuk kembali pulih. Itu sebabnya kersen juga bisa membantu keluhan asam urat yang sudah cukup berat.

Hanya saja sampai sekarang penelitian mengenai buah kersen baik itu kandungan maupun khasiatnya belum terlalu banyak dilakukan. Sehingga buah ini masih saja dipandang sebagai tanaman peneduh dan area bermain anak ketimbang tanaman herbal berkhasiat seperti untuk menyembuhkan asam urat.

About the Author

I was me instead of you or he! saya adalah orang yang bekerja di Aryanto Herbal Works Office kebagian tukang optimasi dan curat coret

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

Copyright © 2013 Berita Kesehatan Terbaru All Rights Reserved
back to top