Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Posted by Modz  |  at  12:37 AM

Minyak zaitun merupakan minyak yang didapat dari buah zaitun yaitu pohon tradisional dari basin mediterania. Salah satu minyak yang dapat digunakan untuk memasak, kosmetik, obat herbal, dan sabun serta bisa sebagai bahan bakar untuk lampu minyak. Minyak zaitun dianggap sebagai minyak yang sehat karena mempunyai kandungan lemak tak jenuh dan tinggi khususnya asam oleik dan polifenol.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak di temukan manfaat dari minyak zaitun ini sehingga banyak orang yang mulai berjualan minyak zaitun yang bisa digunakan untuk kesehatan dan kecantikan serta bisa mengobati berbagai jenis penyakit kronis seperti jantung dan diabetes.

Minyak zaitun sering dijuluki sebagai cairan emas yang sudah lama sekali dipercaya bermanfaat sebagai obat luar untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan pada kulit dan rambut. Selain minyaknya, buah zaitun juga sering dikonsumsi karena kandungan vitamin dan mineralnya yang cukup tinggi.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan




Berikut 10 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui :

1. Menutrisi Bibir
Apabila anda ingin mempunyai bibir yang lembab danbebas dari kekeringan serta pecah-pecah, anda dapat mengoleskan minyak zaitun setiap malam menjelang tidur

2. Melembutkan Rambut
Rambut yang kusut bisa diatasi dengan minyak zaitun yaitu dengan cara mengusapkan langsung minyak zaitun pada bagian rambut yang kering dan kusut menggunakan tangan. Apabila digunakan secara teratur, minyak zaitun ini akan memberikan nutrisi tambahan untuk rambut sehingga rambut akan menjadi lebih lembut dan sehat

3. Mencegah Terjadinya Diabetes
Manfaat minyak zaitun yang lain yaitu mampu mengatur kolesterol dalam tubuh karena mempunyai kandungan asam lemak tak jenuh tunggal. Bukan hanya itu saja minyak zaitun juga mampu menurunkan kadar gula dalam darah sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes melitus

4. Sebagai Body Lotion
Manfaat minyak zaitun sangat bagus untuk tubuh dan dapat digunakan sebagai campuran body lotion atau sabun mandi untuk menjaga kelembaban dan kelembutan kulit anda. Minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai scrubbing dengan cara mencampurkan dengan gula pasir.

5. Menjaga Kesehatan Kuku Jari
Minyak zaitun dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kuku jari, caranya teteskan 2-3 tetes minyak zaitun kedalam air hangat lalu rendam jemari tangan anda kedalam larutan ini selama 20 menit. Cara ini dapat memperkuat kuku dan juga bisa melembutkan kutikula apabila rutin dilakukan secara rutin minimal seminggu sekali.

6. Mencegah Penuaan Kulit
Khusus untuk para wanita yang sudah mengalami tanda penuaan kulit seperti timbulnya kerutan pada wajah, minyak zaitun ini bisa mencegah terjadinya penuaan kulit, caranya campurkan minyak zaitun dengan air perasan lemoh. Oleskan campuran ini secara merata pada wajah dan pijat secara perlahan, lakukan sebelum tidur dan diamkan 20-30 menit, dan kemudian bilas wajah dengan air atau sabun khusus muka. Penggunaan minyak zaitun seperti ini akan membuat kulit anda menjadi lebih kencang dan terhindar dari kerutan.

7. Mengatasi Kulit Wajah Kering
Kulit wajah kering dapat teratasi dengan mengaplikasikan minyak zaitun langsung ke wajah dan dapat dicampur dengan masker wajah yang biasa dipakai. Minyak zaitun akan berfungsi untuk menjaga kelembaban alami kulit agar tetap seimbang serta berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dipermukaan wajah, sehingga wajah tidak akan tampa kering dan kusam. Akan tetapi, cara ini tidak disarankan untuk kulit berminyak, karena dikhawatirkan dapat merangsang timbulnya jerawat.

8. Mengatasi Ketombe
Mempunyai masalah dengan rambut berketombe ? Cobalah untuk mencampurkan minyak zaitun dengan shampoo. Hal ini akan lebih efektif untuk menghilangkan ketombe anda dibandingkan apabila anda hanya memakai shampo anti ketombe saja.

9. Menghilangkan Nyeri
Rasa nyeri dapat ditekan dengan menggunakan minyak zaitun ini, kandungan senyawa oleokantal dalam minyak zaitun dapat mencegah terjadinya peradangan seperti asam mefenamat, dan obat penghilang radang lainnya. Minyak zaitun ini mampu menghambat pembentukan prostaglandin yang merupakan salah satu mediator (penyebab) nyeri. Caranya sangat mudah sekali, yaitu langsung oleskan pada bagian tubuh yang nyeri.

10. Mencegah Kanker
Minyak zaitun ini mempunyai kandungan antioksidan tinggi yang dipercaya mampu mencegah terjadinya penyakit kanker dan mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidan yang terkandung dalam minyak zaitun yaitu senyawa Hidroksitirosol, mempunyai manfaat untuk menyeimbangkan kadar gula tubuh serta mencegah pertumbuhan sel abnormal penyebab kanker.

Manfaat Minyak Zaitun


Nah itulah informasi kesehatan tentang manfaat minyak zaitun yang bisa di sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga saja informasi manfaat minyak zaitun untuk kesehatan ini bermanfaat untuk anda semua dan dapat dijadikan referensi. Saya ucapkan terimakasih karena sudah membaca manfaat minyak zaitun di situs ini.

Tags:
About the Author

I was me instead of you or he! saya adalah orang yang bekerja di Aryanto Herbal Works Office kebagian tukang optimasi dan curat coret

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

Copyright © 2013 Berita Kesehatan Terbaru All Rights Reserved
back to top